Selasa, 29 November 2011

Membuang sampah pada tempatnya = Menjauhkan kita dari banjir

Satu masalah yang biasa menghiasi hari-hari kita, hal kecil yang berdampak besar yaitu SAMPAH. Kita tahu bahwa setiap hari dimanapun, kapanpun, dan siapapun pasti kita selalu menemui bahkan menghasilkan sampah, baik dari sampah organik maupun organik. Apakah kita sadar bahwa setiap hari kita menghasilkan puluhan bahkan ratusan sampah?? Dan apakah kita sadar dimana semestinya kita membuang sampah??

Sampah merupakan masalah terbesar di Indonesia, tempat pembuangan akhir yang kurang, pengolahan sampah yang belum banyak dikembangkan. Masalah-masalah ini tak bisa semua kita salahkan kepada Pemerintah, karena sebenarnya dari diri kitalah masalah-masalah itu timbul secara sengaja maupun tidak disengaja. Kita terlalu menyepelekan sampah, padahal  sampah bisa menimbulkan banyak dampak negatif.
Kurangnya kesadaran membuat masalah ini semakin berkepanjangan. Banyak kanal atau kali-kali yang fungsi sebenarnya adalah sebagai penampung air agar tidak terjadi banjir justru malah dijadikan tempat sampah oleh banyak orang. Dan banyak tempat/ sarana-sarana lainnya yang beralih fungsi menjadi tempat pembuangan sampah yang dapat menyebabkan dampak negatif bagi hidup kita.

Pemerintah pun seharusnya lebih memfokuskan diri terhadap masalah ini, dengan membuat tempat penampungan sampah yang layak, tempat pengolahan sampah yang dapat dimanfaatkan masyarakat, serta sosialisasi penyebab dan dampak dari sampah yang tidak pada tempatnya. Sehingga kasadaran masyarakat meningkat dan bisa saling bahu membahu dalam mengatasi masalah ini.

Sampah yang tidak terkendali atau teratasi dengan baik dapat menimbulkan banyak dampak negatif seperti masalah banjir yang ditimbulkan dari sampah. Dan juga efek bau tak sedap yang mengganggu indera penciuman kita. Hal-hal diatas adalah dampak yang sangat kompleks dalam kehidupan kita. Hal ini jugalah yang harus kita perhatikan dari masalah sampah ini.

Untuk itu marilah kita tanamkan kepedulian kita akan lingkungan yang bersih dan asri, sehingga membuat kita terhindar dari masalah-masalah seperti diatas. Marilah kita lakukan sejak dini untuk memecahkan masalah ini dengan berslogan “Membuang sampah pada tempatnya = Menjauhkan kita dari banjir”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar