Selasa, 29 November 2011

Aktualisasi Diri

Aktualisasi diri??? apa sih???

Aktualisasi diri adalah kebutuhan naluriah pada manusia untuk melakukan yang terbaik dari yang dia bisa. Istilah ini digunakan dalam berbagai teori psikologi, seperti oleh Kurt GoldsteinAbraham Maslow, dan Carl Rogers. Goldstein adalah ahli yang pertama melihat bahwa kebutuhan ini menjadi motivasi utama manusia, sementara kebutuhan lainnya hanyalah manifestasi dari kebutuhan tersebut. Namun yang membuat istilah ini lebih mengemuka adalah teori Maslow tentang hirarki kebutuhan, yang menganggapnya sebagai tingkatan tertinggi dari perkembangan psikologis yang bisa dicapai bila semua kebutuhan dasar sudah dipenuhi dan pengaktualisasian seluruh potensi dirinya mulai dilakukan


Meskipun dari ketiga tokoh besar tersebut memiliki perbedaan definisi namun intinya adalah sama yaitu kebutuhan untuk mengoptimalkan diri kita masing-masing. Jadi, aktualisasi diri itu perlu kita lakukan dan harus kita lakukan agar kita bisa mengoptimalkan kemampuan diri kita. Dengan mengaktualisasikan diri, kita akan mampu menerobos tantangan hidup yang begitu berat, namun dalam mengaktualisasikan diri, kita juga harus mengetahui batas-batas yang harus kita jadikan tuntunan dan mana yang seharusnya kita tidak jadikan sebagai contoh.

Banyak contoh yang dapat menunjukan bahwa kita melakukan aktualisasi diri, contohnya adalah disaat kita berteman, banyak teman yang kita kenal banyak juga pandangan hidup dan gaya hidup yang berbeda-beda, meskipun begitu kita harus bisa memilah mana yang baik dan mana yang buruk, tapi bukan dengan menjauhkan teman kita yang memiliki sifat atau kebiasaan buruk. Tapi alangkah baiknya kalau kita mengajaknya untuk menjadi lebih baik lagi. 

Pada Intinya Aktualisasi adalah kebutuhan hidup yang harus kita jalani dengan batas-batas yang masih normal dalam kehidupan sehari-hari.

Maybe, itu ajah sedikit pengertian aktualisasi diri dari saya. Smoga bermanfaat..
Have a nice day!!

1 komentar:

  1. Berhubungan dengan berlakunya tugas softskill untuk tugas portofolio. ada

    baiknya blog ini terhubung dengan link gunadarma

    http://www.gunadarma.ac.id/

    Dan Tambahkan RSS Feed Studentsite pada blog ini juga,untuk panduanya

    klik link ini

    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/30947/RSS+Feed

    +Studentsite+Pada+Blogspot.pdf Terima Kasih.

    BalasHapus