Selasa, 29 November 2011

Banjir adalah bencana????


banjir bukanlah hal yang asing lagi bagi kita. Karena hampir diseluruh wilayah di Indonesia akan mengalami banjir ketika musim penghujan tiba. Namun perlu diingat, sebenarnya banjir ini bukan merupakan bencana, karena banjir yang sering terjadi kebanyakan disebabkan oleh individu manusia itu sendiri. Yang saya maksud sebagai banjir bencana biasanya disebabkan oleh luapan air laut atau pasang bagi daerah-daerah pesisir atau pinggiran pantai. Sedangkan yang selalu saja terjadi yaitu disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri, diantaranya membuang sampah sembarangan, adanya bangunan liar di bantaran sungai, malas untuk bekerja bakti dan lain sebagainya.


Sebenarnya pemerintah juga ikut andil dalam hal ini, karena pemerintah tidak pernah mensosialisasikan sejak dini mengenai penyebab banjir dan akibat dari banjir itu sendiri. Selain itu pemerintah juga lemah dalam penataan lingkungan kota. Banyaknya pembangunan apartemen, mall, dan gedung-gedung lainnya membuat berkurangnya lahan hijau sebagai resapan air. Pemerintah juga tidak menghimbau warganya  untuk tidak mendirikan bangunan dipinggir bantaran kali.
Dari sebab-sebab diatas, seharusnya kita sudah dapat menyimpulkan, bahwa banjir yang sering terjadi saat ini merupakan kelalaian dari individu-individu itu sendiri dan kurangnya perhatian dari pemerintah dan bukan merupakan sebuah bencana!!!

Dan mulai saat ini marilah kita merubah pola pikir kita, dengan menganggap banjir itu merupakan buah dari perilaku negatif kita sendiri!!! Sehingga kita dapat lebih perduli terhadap lingkungan sekitar, karena itu merupakan kunci untuk membebaskan daerah kita dari bahaya banjir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar