Senin, 28 November 2011

Karang Taruna sebagai Media dalam beraktualisasi

Karang Taruna RW 06 Kel. Malaka Sari Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur. Merupakan organisasi pertama yang saya ikuti, meski disekolah dulu saya tidak memiliki pengalaman dalam berorganisasi namun saya mencoba ikut dalam Karang Taruna tersebut, awalnya saya agak ragu untuk ikut dalam karang taruna karena saya sama sekali belum memiliki penglaman dalam berorganisasi. Dimulai pada tahun 2008 masuk dalam keanggotaan karang taruna. Selama periode 3 tahun saya menjabat di keanggotaan karang taruna, banyak pengalaman dan pelajaran yang saya dapatkan. Terutama pengaruh dilingkungan, karang taruna sangat mempengaruhi lingkungan sekitar, karena seluruh kegiatan yang diadakan karang taruna selalu mendapat berbagai respon dari masyarakat. Pengalaman pertama saya ini pada saat membuat suatu acara untuk memperingati HUT RI (17 Agustus 2008). Ditempat tinggal saya kebetulan karang taruna baru terbentuk setelah vacum beberapa tahun kebelakang, sehingga ini merupakan awal kebangkitan Karang Taruna di lingkungan saya. Saya sebagai kordinator acara memiliki tanggung jawab besar dalam penyelenggaraan acara tersebut, karena acara yang dibuat cukup meriah antara lain, perlombaan futsal, Band, Jalan Santai, Karnaval, Masak, Gapura (green and clean) dan perayaan malam puncak /syukuran. Allhamdulillah acara selesai dalam 1 bulan. Banyak pengalaman dan pelajaran yang saya dapatkan diantaranya, kekompakan seluruh anggota Karang Taruna adalah kunci dari keberhasilan acara ini, ditambah dengan konstribusi masyarakat yang sangat besar menambah keberhasilan dari acara ini. Hal ini yang membuat masyarakat di RW saya menjadi lebih kompak dan menambah solidaritas sesama warga. Dan juga membuat saya lebih dikenal dengan warga sehingga ini adalah suatu prestasi bagi saya dalam berorganisasi. Semoga ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar